Rabu, 02 Juni 2010

fuzzy logic control untuk aplikasi khusus, buat dengan menggunakan matlab

Untuk menunjukkan capabilites kontrol logika fuzzy dari MATLAB kita akan mensimulasikan contoh yang sebelumnya bekerja melalui. Kami akan menggunakan input yang sama dan fungsi keanggotaan keluaran; A1, A2, B1 dan B2. Untuk memulai, kita akan mendefinisikan sebuah model Simulink yang akan digunakan untuk menjalankan program simulasi. Buka Matlab dan Simulink dan membuat file baru. Tambah masukan ramp, Lingkup, dan Fuzzy Logic Controller dengan Ruleviewer ke file seperti yang ditunjukkan. Fuzzy Logic Controller dengan blok Ruleviewer dapat ditemukan dalam logika fuzzy toolbox atau dengan mengetikkan nama di kotak pencarian dari Browser Perpustakaan.

Setelah file simulink Anda telah diciptakan seperti yang ditunjukkan di atas simpan file tersebut, untuk contoh ini nama file yang digunakan adalah tut1. Sekarang bahwa sistem secara keseluruhan telah didefinisikan kontroler fuzzy perlu dirancang. Untuk melakukan ini Fuzzy Inference System (FIS) editor akan digunakan. Untuk membuka file baru FIS dengan editor FIS, ketik berikut ke dalam MATLAB:

> fuzzy
Jendela berikut akan terbuka; itu adalah Fuzzy Inference System editor. Dengan FIS editor input dan output fungsi keanggotaan dapat didefinisikan, basis aturan didefinisikan, dan operator fuzzy ditetapkan.

Sistem default memiliki satu input dan satu output dan menggunakan inferensi Mamdani dan metode agregasi. editor ini juga menggambarkan tiga aspek dari contoller fuzzy; fuzzifikasi, inferensi, dan defuzzifikasi. Untuk memulai, mari kita mendefinisikan fungsi keanggotaan. Klik dua kali pada kotak masukan kuning dan Anda akan dibawa ke editor fungsi keanggotaan.

Secara default ada tiga fungsi keanggotaan, mf1, mf2, dan mf3. Kami akan mengubah mf1 dan mf2 sebagai A1 dan A2 dan menghapus mf3. Untuk menghapus keanggotaan fungsi cukup klik di atasnya, dan ketika disorot dalam warna merah, menghapus tekan. Untuk memanipulasi fungsi keanggotaan cukup klik pada mereka dan menyeret mereka. Klik pada baris sendiri untuk memindahkan fungsi dan klik pada kotak di sudut-sudut dan tarik untuk mengubah bentuk. Jika Anda tahu bentuk sudah, Anda juga dapat memilih fungsi dan masukkan dalam kotak bentuk params. Nama juga dapat diubah dengan menggunakan kotak Nama. Rentang ini dapat didefinisikan ulang juga, untuk input yang ingin kita rentang menjadi 0-3 sehingga kami akan menaruh [0 3] di kotak Range. Untuk A1 yang paramaters adalah [0 1 2] memberikan segitiga yang dimulai pada 0, puncak dari 1, dan berakhir pada 2. The paramaters untuk A2 adalah [1 2 3]. Setelah ini telah memasuki fungsi keanggotaan editor akan terlihat seperti ini:

Sementara masih dalam editor fungsi keanggotaan output fungsi keanggotaan dapat didefinisikan. Di kiri atas, di bawah FIS Variabel, klik pada kotak output1 biru. Ini akan membawa Anda ke dalam editor fungsi keanggotaan keluaran. Sekali lagi, mf3 perlu dihapus dan mf1 dan mf2 perlu didefinisikan ulang pertandingan B1 dan B2. The paramaters untuk B1 adalah [0 8 12] dan B2 adalah [4 10 15]. Rentang ini [0 15]. Setelah ini telah diperbarui bahwa fungsi keanggotaan output akan terlihat seperti ini:

Editor fungsi keanggotaan sekarang dapat ditutup untuk kembali ke editor FIS. FIS sekarang perlu memiliki aturan yang ditetapkan. Untuk melakukan hal ini klik dua kali pada kotak putih di antara input dan output fungsi keanggotaan. Ini akan memunculkan Editor Aturan, ini adalah mana aturan-aturan inferensi linguistik dimasukkan. Peraturan-peraturan ini didefinisikan dengan menggunakan fungsi keanggotaan fuzzy label A1, A2, B1, dan B2. Untuk memasukkan aturan yang diinginkan pilih pilihan 'jika' dan 'lalu' pilihan dan klik 'tambahkan aturan' di bagian bawah. Kami akan menggunakan dua aturan untuk sistem ini: 1. Jika A1 maka B1, serta 2.If A2 kemudian B2. Setelah aturan ini dimasukkan Peraturan editor akan terlihat seperti ini:

Jendela ini dapat ditutup dan sekarang FIS selesai, hanya perlu diekspor ke model Simulink. Untuk melakukan hal ini dari editor FIS, di bawah File Ekspor dan kemudian Untuk Workspace ... dan masukkan nama model Simulink di bidang Workspace Variabel, untuk kasus ini adalah 'tut1'. Sekarang, di Simulink, klik dua kali pada Fuzzy logic controller dan mengatur FIS matriks tut1 dan mengubah refresh rate ke 0,01. Sekarang simulasi dapat dijalankan selama 3 detik. Sementara simulasi berjalan jendela Peraturan Viewer akan muncul:

Jendela Peraturan Viewer menunjukkan masukan yang relevan dan output fungsi keanggotaan untuk setiap aturan. Peraturan 1 melibatkan A1 dan B1, sehingga mereka yang ditampilkan, dan aturan 2 melibatkan A2 dan B2. Untuk masukan yang diberikan fungsi keanggotaan output diubah ditampilkan dalam warna biru solid. Ini adalah mereka dikumpulkan dan ditampilkan dalam fungsi keanggotaan kanan bawah. Ini adalah hasil fuzzified. Untuk masukan dari 1,25 kedua peraturan menembak dan fungsi keanggotaan agregat (bawah kanan) adalah sama dengan yang telah ditentukan sebelumnya. Proses defuzzifikasi default adalah metode centroid dan garis merah menunjukkan dimana pusat massa itu dan demikian juga apa output





1 komentar:

Anonim mengatakan...

infonya menarik mas ^^!
terima kasih sudah berbagi 0_0

Posting Komentar