Senin, 22 Februari 2010

Konsep Kecerdasan Buatan Dan Aplikasinya



TugasTgl Tugas Tgl Selesai
1
18 Februari 2010 22 Februari 2010

NamaNPMTUGAS
Agus Zulhendri
0855031003
Mengatur dan membuat blog
Sogiara Sinaga
0815031091
Mencari data
Arya wiguna Bangun
0815031041
Mencari data
Ayub Luhung
0815031005
Mencari data
Fardinan Ahmad
0815031011
Memasukkan data ke blog

KONSEP KECERDASAN BUATAN

Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan man
usia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.

Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.

'Kecerdasan buatan' ini bukan hanya ingin mengerti apa itu sistem kecerdasan, tapi juga mengkonstruksinya.

Tidak ada definisi yang memuaskan untuk 'kecerdasan':

  1. kecerdasan: kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan menggunakannya
  2. atau kecerdasan yaitu apa yang diukur oleh sebuah 'Test Kecerdasan'



Pembagian kecerdasan buatan dalam beberapa bidang yaitu :

Secara garis besar, AI terbagi ke dalam dua faham pemikiran yaitu AI Konvensional dan Kecerdasan Komputasional (CI, Computational Intelligence). AI konvensional kebanyakan melibatkan metoda-metoda yang sekarang diklasifiksikan sebagai pembelajaran mesin, yang ditandai dengan formalisme dan analisis statistik. Dikenal juga sebagai AI simbolis, AI logis, AI murni dan AI cara lama (GOFAI, Good Old Fashioned Artificial Intelligence). Metoda-metodanya meliputi:

  1. Sistem pakar: menerapkan kapabilitas pertimbangan untuk mencapai kesimpulan. Sebuah sistem pakar dapat memproses sejumlah besar informasi yang diketahui dan menyediakan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan pada informasi-informasi tersebut.
  2. Petimbangan berdasar kasus
  3. Jaringan Bayesian
  4. AI berdasar tingkah laku: metoda modular pada pembentukan sistem AI secara manual

Kecerdasan komputasional melibatkan pengembangan atau pembelajaran iteratif (misalnya penalaan parameter seperti dalam sistem koneksionis. Pembelajaran ini berdasarkan pada data empiris dan diasosiasikan dengan AI non-simbolis, AI yang tak teratur dan perhitungan lunak. Metoda-metoda pokoknya meliputi:

  1. Jaringan Syaraf: sistem dengan kemampuan pengenalan pola yang sangat kuat
  2. Sistem Fuzzy: teknik-teknik untuk pertimbangan di bawah ketidakpastian, telah digunakan secara meluas dalam industri modern dan sistem kendali produk konsumen.
  3. Komputasi Evolusioner: menerapkan konsep-konsep yang terinspirasi secara biologis seperti populasi, mutasi dan “survival of the fittest” untuk menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik.

Metoda-metoda ini terutama dibagi menjadi algoritma evolusioner (misalnya algoritma genetik) dan kecerdasan berkelompok (misalnya algoritma semut)

Dengan sistem cerdas hibrid, percobaan-percobaan dibuat untuk menggabungkan kedua kelompok ini. Aturan inferensi pakar dapat dibangkitkan melalui jaringan syaraf atau aturan produksi dari pembelajaran statistik seperti dalam ACT-R. Sebuah pendekatan baru yang menjanjikan disebutkan bahwa penguatan kecerdasan mencoba untuk mencapai kecerdasan buatan dalam proses pengembangan evolusioner sebagai efek samping dari penguatan kecerdasan manusia melalui teknologi.


Bidang-bidang yang termasuk kecerdasan buatan


Sistem Pakar: suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Misal : kedokteran, enginering, dll

Genetic Algoritm: Teknik pencarian yang digunakan dalam komputasi untuk menemukan solusi yang tepat atau perkiraan untuk optimisasi dan masalah pencarian.

Fuzzy Logic : konsep logika yang tidak berprinsip hanya pada kondisi “ya” dan “tidak” saja.

Jaringan syaraf tiruan: Menirukan cara kerja otak manusia

Robotika: menirukan keseluruhan tingkah laku manusia


Aplikasi Kecerdasan Buatan

Beberapa aplikasi yang digunakan dalam kecerdasan buatan, antara lain :
1. Ilmu Komputer
AI dianggap banyak memecahkan masalah yang sulit yang ada di ilmu computer, pengembangan AI di ilmu computer : pemrograman berbasis objek, pemrograman dinamis, dsb.
2. Keuangan
Telah banyak digunakan AI pada system keuangan, contohnya simulasi persaingan perdagangan keuangan yang mana robot telah mengalahkan manusia dalam simulasi tersebut.
3. Kedokteran
Sebuah klinik kedokteran dapat menggunakan AI dalam mengatur jadwal tidur, rotasi staff, dan informasi medis.
4. Industri berat
Robot telah menjadi umum di banyak industri. Robot menggantikan manusia dalam mengerjakan pekerjaan yang berbahaya. Robot mengurangi kesalahan atau kecelakaan akibat kurang konsentrasi pada manusia. Jepang merupakan pengguna dan produsen robot terbesar didunia. Pada tahun 1995, 700.000 robot yang digunakan didunia, 500.000 berasal dari Jepang.
5. Transportasi
Dalam transportasi digunakan fuzzy logic dalam berbagai kegunaan seperti gearbox otomatis.
6. Lainnya
Beberapa bidang lain yang menggunakan AI seperti telekomunikasi, mainan anak, penerbangan, dan lain sebagainya.
Sumber tugas : http://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan



Slide 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar